Sunday, January 5, 2014

Kecerdasan Buatan


            Manusia dianugerahi kecerdasan oleh Tuhan agar bisa mengelola bumi ini dengan sebaik mungkin. Dengan kecerdasan ini, barbagai macam benda telah diciptakan manusia. Mulai dari alat perkakas sederhana, kendaraan hingga bom diciptakan. Bahkan, dengan kecerdasannya, manusia menciptakan kecerdasan lain yang disebut dengan nama kecerdasan buatan.
            Kecerdasan buatan adalah kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Biasanya kecerdasan buatan seperti ini yang kita sebut dengan komputer.
            Nah, salah satu contoh kecerdasan buatan yang sering kita temui ialah pintu otomatis.
             
           Hampir di setiap mall dan perkantoran kita akan menjumpai pintu otomatis. Pintu ini akan membuka ketika kita mendekatinya dan menutup ketika kita telah melaluinya. Pintu otomatis merupakan rangkaian mesin rumit yang terdiri dari banyak bagian seperti sensor dan sistem motor penggerak yang bekerja secara harmonis sehingga pintu otomatis dapat membuka dan menutup dengan aman.
            Pintu otomatis menggunakan teknologi yang disebut dengan sensor. Sensor biasanya diletakan di sekitar pintu otomatis, baik dari sisi luar pintu maupun luar pintu. Ada banyak sensor yang digunakan untuk pintu otomatis ini. Diantaranya ialah:
1. Sensor optik
2. Sensor gerakan
3. Sensor panas tubuh
4. Sensor tekanan
5. Sensor jarak jauh

            Kelima sensor diatas memiliki cara kerjanya masing-masing sesuai dengan namanya. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu: membuka pintu secara otomatis ketika ada orang yang akan melewati pintu tersebut.
            Setelah menelisik tentang pintu otomatis ini, kita mungkin akan memasukan pintu otomatis sebagai salah satu kecerdasan buatan yang diciptakan manusia. Tentu saja masih banyak lagi pengaplikasian kecerdasan buatan yang bisa kita temui dimana saja.

No comments:

Post a Comment